Tanamkanlah tiga hal berikut!

Tanamkanlah dalam diri kita tiga hal:

– SATU, mengetahui bahwa diri kita adalah hamba Allåh, yang memiliki kewajiban untuk BERIBADAH HANYA kepada-Nya.

– DUA, mengetahui bahwa ISLAM adalah agama kita, agama yang haq, dan agama lain adalah bathil dan sesat.

– TIGA, menetapkan bahwa Muhammad shållallåhu ‘alaihi wa sallam, adalah Råsulullåh yang membawa PETUNJUK dan TUNTUNAN yang BENAR dalam MENJALANKAN SYARI’AT agama ini.

Ahad, 28 Jumadits Tsany 1430 H

1. Dengan menetapkan bahwa HANYA KEPADA Allåh-lah kita beribadah, maka kita HARUS menggunakan kehidupan yang telah diberikan-Nya kepada kita untuk HANYA BERIBADAH kepada-Nya. yaitu dengan:

a. Mengesakan-Nya dan tidak menyekutukan-Nya. menghambakan diri kepada-Nya dan menjauhi seluruh sembahan-sembahan lain. beribadah hanya kepada-Nya, dan tidak beribadah kepada selain-Nya.

b. Patuh dan tunduk kepada apa yang telah ditetapkan-Nya baik itu perintah maupun larangan-Nya, (dengan berusaha semaksimal mungkin untuk menjalankan seluruh perintah-Nya dan menjauhi seluruh larangan-Nya) dan berlepas diri dari segala hal yang menyelisihi perintah dan larangan-Nya (yaitu dengan menolak dan berlepas diri terhadap, apa-apa yang mengajak kepada kedurhakaan terhadap-Nya).

2. Dengan menetapkan bahwa HANYALAH ISLAM AGAMA YANG HAQ DAN LURUS, dan agama selainnya adalah bathil dan sesat, maka:

a. Kita konsekuen dengan penetapan tersebut dengan mengetahui, memahami dan mengamalkan segala syari’at yang telah ditetapkan Pemilik Agama ini, Allåh subhanahu wa ta’ala, dengan MENUNTUT ILMU.

b. Kita menjauhi hal-hal yang dapat mengeluarkan kita dari agama ini, baik sadar maupun yang tidak kita sadari dengan MENUNTUT ILMU

c. Mengetahui dan meyakini bahwa AGAMA INI TELAH SEMPURNA, sehingga tidak membutuhkan syari’at-syari’at baru yang dinisbatkan kepada agama ini.

d. Kita loyal, cinta dan berkasih sayang terhadap para pengikut agama ini.

e. Kita berlepas diri terhadap orang-orang yang berada diluar millah ini, dengan tetap menjaga hak-haknya. (apakah haknya sebagai manusia, orang-tua, tetangga, duta/utusan dll)

f. Memerangi terhadap orang-orang yang menentang kebenaran agama ini, sesuai dengan batas-batas yang syar’i yang telah ditetapkan Allåh dan Råsul-Nya.

g. Kita mengajak sanak keluarga, kawan-kawan terdekat kita, untuk mengikuti agama ini dengan benar.

3. Dengan menetapkan bahwa Muhammad shållallåhu ‘alaihi wa sallam, adalah Råsulullåh yang membawa PETUNJUK dan TUNTUNAN yang BENAR dalam MENJALANKAN SYARI’AT agama ini. maka konsekuensinya yaitu:

a. Berlepas diri terhadap para pendusta yang mengaku sebagai nabi, karena tidak ada nabi setelahnya

b. Mengetahui dan meyakini bahwa kepadanyalah agama ini diturunkan, dan diturunkan untuk seluruh umat manusia, bukan hanya sebatas jazirah arab saja, sehingga segala syari’at yang dibawanya berlaku kepada setiap umat manusia tanpa terkecuali.

c. Mencintainya (dengan tidak berlebih-lebihan), yaitu dengan mengamalkan segala apa yang dibawanya (syari’at) serta menjaganya.

d. Mengetahui dan meyakini bahwa tiada yang dapat mendekatkan diri kita kepada Allåh, melainkan dengan mengikuti syari’at-syari’at yang telah dibawanya.

e. Berlepas diri terhadap petunjuk-petunjuk yang menyelisihi syari’at yang dibawanya. yakni dengan berlepas diri terhadap apa yang datang setelahnya baik itu perkataan atau perbuatan yang bertujuan untuk ibadah (mendekatkan diri kepada Allåh) yang tidak pernah ada petunjuk dan/atau contoh darinya.

f. Mencintai dan menghormati keluarga dan para shåhabatnya, tanpa mengecualikan sebagian yang satu dengan sebagian lain, dan tanpa mengkhususkan sebagian yang satu dengan sebagian yang lain.

g. Mengetahui dan meyakini bahwa para shåhabatnya adalah generasi terbaik yang paling memahami syari’at yang dibawanya, yang mengamalkan syari’at yang dibawanya, dan yang mendakwahkan syari’at yang dibawanya. maka dengan ini, menempatkan pemahaman para shåhabatnya sebagai jalan untuk memahami dan mengamalkan agama ini.

Tinggalkan komentar

Filed under Catatan kecilku

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s