Syarat tersampainya pesan

Tersampainya pesan kepada seseorang itu, bergantung pada tiga hal, yang menyampaikan, cara dan media yang digunakan untuk menyampaikan, dan yang disampaikan. jika keseluruhan baik, maka pesan akan tersampaikan dengan baik, jika salah satunya cacat, jangan berharap bahwa pesan akan tersampaikan dengan sempurna.

Ahad, 9 Råmadhån 1430 H

1. Yang menyampaikan

Ia hendaknya memiliki maksud yang baik dalam menyampaikan pesan, mengetahui syarat-syarat ‘penyampai pesan’, atau ia juga harus tahu (berilmu) atas apa yang ia akan sampaikan [tidak menyampaikan tanpa ‘ilmu, dan tidak ragu-ragu dengan ‘ilmu yang hendak ia sampaikan], ia pun harus mengetahui cara-cara yang benar untuk menyampaikan pesan, serta mengetahui media yang tepat dalam menyampaikannya.. taklupa juga, ia harus mengetahui serta memahami keadaan orang yang akan ia sampaikan, agar pesan yang ia sampaikan tersebut dapat ia sampaikan dengan baik.

2. Cara-cara dan media yang digunakan untuk menyampaikan

Sebaiknya cara-cara ini adalah cara yang benar, begitupun dengan media, harus digunakan sebaik mungkin agar dapat memudahkan tersampainya pesan.

3. Yang disampaikan

Ia memiliki kemauan untuk menerima pesan, mengetahui syarat-syarat ‘penerima pesan’ telah terpenuhi dalam dirinya sehingga pesan dapat tersampaikan kepadanya.

Ia juga harus mengerti dan memahami bagaimana cara-cara yang benar dalam menerima pesan, mengenal media yang digunakan penyampai kepadanya, dan juga mengerti kondisi keadaan penyampai.

Jika semua hal yang diatas terpenuhi, insya Allåh pesan akan tersampaikan dengan sempurna.

Tinggalkan komentar

Filed under Catatan kecilku

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s