Benarkah engkau ridhå dan cinta terhadap-Nya?

Allåh menguji keridhåan dan kecintaan hambaNya terhadapNya, dengan mengambil atau memberikan sesuatu atau seseorang yg dicintainya di dunia. Maka akan terlihat siapa yang jujur dan ikhlash dengan perktaannya setelah datangnya ujian tersebut.

Kita sering kali berkata “aku ridhå kepada Allåh” tapi ketika kita ditimpa musibah, kita tidak ridhå terhadap takdirnya, tidak mengatakan “innalillaahi wa inna ilaihi råji’un”, malah marah dan benci atas apa yang terjadi pada dirinya, atau bahkan -wal ‘iyadzu billaah- sampai berprasangka buruk kepada Allåh..

Inikah sifat/sikap orang yang pernah berkata “aku ridhå kepada Allåh”?

Sering kali pula kita berkata “aku cinta kepada Allåh” tapi ketika sesuatu atau seseorang yang kita cintai diambil oleh Allåh (untuk menguji kecintaan kita terhadap-Nya), ternyata semua hanyalah pemanis lisan saja. Kita meratap (bersedih dengan berlebih-lebihan), marah, benci terhadap apa yang terjadi dsb.

Inikah sifat/sikap orang yang pernah berkata “aku cinta kepada Allåh”?

Demikian halnya, ketika datang kepada kita hukum-hukum Allåh yang mengatakan sesuatu yang kita cintai adalah HARAM, maka segala macam cara kita gunakan untuk meng-halal-kannya, segala macam dalih kita cari untuk membenarkan perbuatan/sesuatu yang kita cintai tersebut demi hanya memuaskan hawa nafsu sesaat yang menipu.

inikah sifat/sikap orang yang pernah berkata “aku cinta kepada Allåh”?

katakanlah “aku beriman, ridhå dan mencintai Allåh” kemudian istiqåmahlah, berpegang teguhlah dengan ucapan tersebut, sambil terus kita minta kepada-Nya agar hati ini senantiasa dilapangkan untuk selalu ikhlash dan tulus, dimudahkan dalam mengerjakan perintah-Nya dan meninggalkan larangan-Nya, dan diberi kekuatan untuk dapat bertahan diatasnya hingga nyawa diambil-Nya dalam keadaan kita beriman, ridhå dan cinta kepada-Nya.

wallåhu ta’ala a’lam.

Tinggalkan komentar

Filed under Catatan kecilku

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s