Orang yang terikat hatinya dengan masjid

Orang yang hatinya terikat dengan mesjid, maka tubuhnya dan pikirannya akan tetap terikat dengannya, jika ia berada didalamnya, maka ia akan menikmatinya, sampai datang waktunya untuk meninggalkannya; ketika ia keluarpun, hatinya tetap berada disana sampai datang waktu untuk mendatanginya kembali…


Orang yang seperti ini bahkan akan tetap berusaha berada didalamnya walaupun ia diusir kaumnya[1]..

Berbeda dengan orang yang hatinya terikat dengan dunia, maka hatinya berkeliaran disana sini, walaupun jasadnya berada dimasjid.

Tdak ada kenikmatan baginya didalam mesjid, ketika ia berada didalamnya, yang ia pikirkan hanyalah dunia, dunia dan dunia..

Orang seperti ini, jangankan dijauhkan/diusir dari masjid, bahkan yang ada, dirinyalah yang menjauhkan diri dengan masjid.. Sehingga begitu lambatnya ia menuju RUMAH ALLÅH, begitu malasnya ia menuju RUMAH ALLÅH, begitu cepatnya ia meninggalkan RUMAH ALLÅH.. hanya untuk kembali kepada urusan dunia[2] yang melalahkan dan tiada habisnya..

Wallåhu a’lam

Catatan Kaki:

[1] Yang dimaksudkan ‘diusir’ disini adalah diusir dengan alasan yang baathil, adapun pengusiran yang disebabkan alasan yang haq seperti karena menggangu ketentraman masjid (seperti membawa kompor dimasjid dan tinggal disana), atau berbuat kemungkaran didalamnya. Maka ini sangat pantas dilakukan.

[2] Yang dimaksudkan ‘hanya untuk kembali kepada urusan dunia’ disini bukannya tidak untuk kembali kepada urusan dunia atau melupakan urusan dunia secara mutlak. Bukan, tapi yang dimaksudkan disini adalah orang yang begitu bakhil dengan urusan akhiratnya sendiri sampai mengorbankannya hanya karena mengurusi urusan dunia. Inilah yang tercela.

Tinggalkan komentar

Filed under Catatan kecilku

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s