Hati ibarat raja bagi anggota tubuh

Benarlah perkataan al-imam ibnul qåyyim, “Hati adalah ibarat raja bagi anggota tubuh”. Jikalau hati itu lalai, maka apa yang diucapkan oleh lisan dan apa yang diperbuat oleh anggota tubuh adalah hal yang melalaikan. Jikalau hati itu dzikrullåh (mengingat Allåh), maka apa yang diucapkan lisan dan apa yang diperbuat oleh anggota tubuh adalah amalan shålih.



Tentunya amalan shalih disini diukur dengan sesuai-tidaknya amal perbuatannya dengan CONTOH, PETUNJUK dan TUNTUNAN Råsulullåh shållallåhu ‘alaihi wa sallam.

adapun seseorang yang ia merasa berbuat amalan shålih, tapi ternyata dalam amalannya MENYELISIHI PETUNJUK, TUNTUNAN dan CONTOH Råsulullåh shållallåhu ‘alaihi wa sallam, maka dia termasuk dalam firman Allåh subhanahu wa ta’ala:

قُلْ هَلْ نُنَبِّئُكُمْ بِالْأَخْسَرِينَ أَعْمَالًا

Qul hal nunabbi-ukum bil akhsariyna a’maalaa?

Katakanlah: “Apakah akan Kami beritahukan kepadamu tentang orang-orang yang paling merugi perbuatannya?”

(al-Kahfi: 103)

الَّذِينَ ضَلَّ سَعْيُهُمْ فِي الْحَيَاةِ الدُّنْيَا وَهُمْ يَحْسَبُونَ أَنَّهُمْ يُحْسِنُونَ صُنْعًا

Yaitu orang-orang yang telah sia-sia perbuatannya dalam kehidupan dunia ini, sedangkan mereka menyangka bahwa mereka berbuat sebaik-baiknya.

(al-Kahfi: 104)

Ibn Tafsir menafsirkan ayat 104:

“Maksudnya, mereka beranggapan bahwa diri mereka telah melakukan sesuatu yang berguna, dapat diterima, dan dicintai. Padahal, sebenarnya mereka salah dan amal mereka ditolak. Ayat ini tidaklah diturunkan kepada kelompok tertentu. Namun ia berlaku pada seluruh orang yang bersifat demikian, yaitu BAGI UMAT YANG MENYEMBAH ALLÅH, BUKAN DIATAS JALAN YANG DIRIDHÅI, sedang dia sendiri menganggap benar bahwa amalnya diterima, padahal DIA SALAH dan TERTOLAK AMALANYA. Hal ini seperti firman Allåh Ta’ala:

وَقَدِمْنَا إِلَىٰ مَا عَمِلُوا مِنْ عَمَلٍ فَجَعَلْنَاهُ هَبَاءً مَنْثُورًا

Dan kami hadapkan (kepada) mereka kepada segala amal yang mereka telah kerjakan, lalu kami jadikan amal itu (bagaikan) debu yang berterbangan (al-Furqan: 23)

Tinggalkan komentar

Filed under Catatan kecilku

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s