Dahulukanlah tiga hal atas tiga hal

Dahulukanlah khåbar yg datang dari wahyu (al-qur’an dan as-sunnah yang shåhiyh) daripada selainnya. Dahulukanlah kedudukan Allåh dan RåsulNya daripada selainnya. Dahulukanlah pemahaman para shåhabat daripada pemahaman selainnya. Maka engkau akan selamat.


Karena wahyu, kedudukannya tertinggi atas segala khåbar yang beredar, tidak melemahkannya berita-berita dusta yang disebarkan syaithån dari jenis jin dan manusia.

Karena Allåh dan RåsulNya kedudukannya lebih tinggi dari segala kedudukan selainnya. Maka pendapat-pendapat manusia, tidaklah bernilai ketika dihadapkan dengan Firman Allåh dan sabda RåsulNya.

Karena pemahaman para shåhabat dalam memahami agama ini telah disaksikan oleh Allåh dan RåsulNya dan dijamin kebenarannya. Sedangkan pemahaman-pemahaman yang muncul setelahnya tidak dijamin kebenarannya dan tidaklah bernilai jika disandingkan dengan pemahaman mereka.

Dengan tettapkanlah jalan kita dalam memahami dan mengamalkan agama dengan ketiga hal diatas, karena itulah kunci keselamatan dari kebinasaan dan kesesatan.

Wallåhu ‘alam

Iklan

Tinggalkan komentar

Filed under Catatan kecilku

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s