Hujjah nyeleneh

Nabi ditanya “Ya Råsulullåh, Mengapa engkau PUASA HARI SENIN”, Maka beliau menjawab “Karena itu adalah kelahiranku.” Tidak ada sama sekali hubungan hadits ini dengan MAULID. tapi kok bisa dibawa untuk ‘pembenaran’ maulid? Kalau lah ada penambahan “maka rayakanlah…” maka tentunya seluruh kaum muslimin akan merayakannya -terutama para shahabat, merekalah yang akan pertama kali merayakannya- hanya saja tidak ada perayaan seperti ini, karena tidak ada nash yang shahih mengenai hal ini..


kecintaan shahabat kepada nabi tidak perlu diragukan lagi, Allåh memfirmankan demikian dalam kitab-kitabNya, dan juga kita dapat melihat bagaimana BUKTI cinta mereka dalam hadits-hadits dan atsar.

jika ada yang bilang, merayakan maulid = cinta nabi. maka dipastikan ini adalah cinta palsu. karena ternyata shahabat yang lebih mencintai beliau tidak pernah merayakan hari kelahiran beliau…

pada mereka turun ayat-ayat tentang perintah untuk mencintai nabiy, pada mereka nabi mensabdakan puasa asyura, pada mereka nabi bersabda “itulah hari kelahiranku”

tapi semua hadits diatas tidak sama sekali mereka pahami akan diperintahkannya untuk merayakan sesuatu perayaan yang dinamakan “maulid”

apakah mereka (yang merayakan maulid) lebih memahami nash daripada para shahabat?

jika mereka mengatakan ‘kan ada sebagian ‘ulama yang membolehkan?!

kita jawab: mengikuti para shahabat itu lebih baik dan lebih selamat, karena mereka telah dijamin keselamatannya oleh Allåh dan RåsulNya, dibanding mengikuti ‘ulama-‘ulama setelahnya yang tidak ada jaminan Allåh atas mereka.

‘ulama bukanlah Allåh yang berhak mensyari’atkan sesuatu. perkataan mereka bisa diterima dan bisa ditolak, diukur dengan kesesuaian dengan al-qur’an dan as-sunnah yang shahih sesuai dengan pemahaman shahabat.

wallåhu a’lam.

Tinggalkan komentar

Filed under Catatan kecilku

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s