Jauhilah berbicara tanpa ‘ilmu

Jauhilah bicara tanpa ilmu! jauhi juga membicarakan masalah yang kita sendiri belum paham dan menguasainya! kita melihat ada beberapa oknum yang terbakar dengan semangat buta untuk mengingkari kemungkaran; tapi ia mengingkarinya dengan kebodohannya. wallåhul musta’an.


Kalau belum paham dengan benar dan belum menguasai permasalahan; maka DIAM itu baik untuk dirimu dan agamamu.

Engkau diam, maka engkau selamat dari bicara tanpa ilmu

Engkau diam, maka agamamu tidak diolok-olok para pengikut hawa nafsu, karena jika engkau bicara dgn kebodohanmu, dan engkau seakan-akan ‘mewakili’ agamamu, maka tentulah akibat tingkahmu ini orang mencari-cari celah dan dengannya mereka membantahmu membantahmu dengan syubhat mereka, hingga akhirnya engkau sendiri terpojok, karena tak bisa menjawab dan membantah syubuhat mereka.

Maka, serahkan saja prmasalahanny pd org yg sdh menguasainya..

Jika engkau sudah yakin dan mantap dalam penguasaan terhadap SATU saja permasalahan, maka itulah yang engkau sampaikan. Adapun yang engkau tidak tahu ilmunya,, dan yang engkau tidak kuasai ilmunya, maka diam lebih baik bagimu, dan belajar dengan benar adalah solusimu!!

Ketahuilah diam seperti ini tidaklah dikatakan syaithan yg bisu. Karena engkau memiliki hujjah untuk diam; disebabkan engkau belum berilmu, dan belum menguasainya dengan benar. Bukankah engkau pun mengingkari kemungkaran tersebut dengan hatimu? maka itulah keimananmu!

Adapun jika engkau memaksakan untuk bicara, justru engkaulah syithan yg bicara. syaithan telah berhasil membuatmu bicara dan bertindak secara terburu-buru tanpa ilmu dan hikmah.

Maka perhatikanlh akibat yang hendak engkau ciptakan ya akhiy, jangan smpai niat baikmu merusak diri dan agamamu!

Iklan

Tinggalkan komentar

Filed under Catatan kecilku

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s