Ketika ia mengatakan kepadaku “Inni uhibbuka fillah”

Aku tidak tahu apakah benar kecintaannya tersebut memang karena Allåh [Allåh lebih mengetahui hatinya, tapi aku berprasangka baik terhadapnya dengan mendoakannya ] dan yang terpenting, aku tidak tahu apakah aku ini pantas untuk dicintai karena Allåh, melihat banyaknya aib dalam diriku yang tidak diketahuinya. cukuplah hanya Allåh dan aku saja yang mengetahuinya. Semoga Ia Mengampuniku, dan kudapat meraih CintaNya


Sunnah bagi orang yang dinyatakan cintanya oleh saudaranya (sesama ikhwan lho, atau sesama akhwat, atau pasangan resmi!) adalah:

Ahabbakalladzii ahbabtaniy lahu”

(Semoga kamu dicintai oleh Dzat yang menjadikanmu mencintai karena-Nya)

Berdasarkan hadits,

Dari Anas radhiyallahu ‘anhu, ia berkata: “Ada seorang laki-laki duduk dihadapan Nabi shallallåhu ‘alaihi wa sallam, kemudian ada seseorang lewat disitu, lalu orang yang duduk dihadapan Nabi shallallåhu ‘alaihi wa sallam berkata:”Yaa Rosululloh, sesungguhnya aku mencintai orang itu.” Nabi shallallåhu ‘alaihi wa sallam bertanya:”Apakah sudah engkau beritahukan kepadanya?”Dia menjawab:”Belum.” Beliau bersabda: ”Beritahukanlah kepadanya.”

Kemudian dia menemui orang itu dan berkata “Innii uhibbuka fillaah”(Sesungguhnya aku mencintaimu karena Alloh). Orang (yang diberitahukan) itu menjawab :”Ahabbakalladzii ahbabtaniy lahu” (Semoga kamu dicintai oleh Dzat yang menjadikanmu mencintai karena-Nya).”

[HR.Bukhariy dalam adabul mufrad 79, Ahmad 3/140, 3./150, Abu Dawud 2/333 (dan ini merupakan lafazh miliknya), Al-Hakim 4/171 dan beliau menshahihkannya dan disepakati adz-Dzahabiy. al-Albaniy berkata: “Hadits ini -dengan syawahidnya- shåhiih tanpa ada keraguan” (lihat as-silsilah ash-shahiihah 3253, Shahiih Sunan Abu Dawud 5125, al-Misykat 5017)]

Iklan

Tinggalkan komentar

Filed under Catatan kecilku

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s