Selamatkanlah saudaramu dari ‘Ujub

Selamatkanlah saudaramu dari perangkap ujub dengan tidak memuji didepannya . doakanlah ia (lebih baik lagi tanpa sepengetahuannya). karena itu lebih tulus dan lebih baik bagimu dan baginya..


Namun diperbolehkan untuk memuji dan menyanjung orang yang kita benar-benar ketahui keteguhan imannya; yang ia -kita yakini- akan dapat terhindar dari fitnah (ujub) dengan pujian dan sanjungan tersebut.

Perincian dalam masalah ini:

Imam an Nawawi rahimahullah mengatakan bahwa dalma Shahih al Bukhari & Muslim banyak sekali hadits yg berisi pujian kepada seseorang. Berdasarkan hal itu, ulama mengatakan bahwa cara mengkompromikan antara hadits-hadits yang kelihatan bertentangan tersebut (dengan hadits larangan memuji & adanya pujian) adalah dengan memakai larangan itu untuk pujian yang serampangan, yg ditambah-tambahi dengan kedustaan, atau kedustaan yang mengkhawatirkan akan menimbulkan rasa bangga diri (kepada pihak yang dipuji) seandainya ia dipuji.

Namun jika tdk dikhawatirkan hal yg demikian terjadi, maka diperbolehkan memuji meskipun di hadapan orang tersebut. Hal ini dikarenakan kesempurnaan ketakwaan, keteguhan akal & kemantapan ilmu yang dimiliki oleh orang yg dipuji. Bahkan hukumnya menjadi sunnah jika dg memujinya akan memberi spirit kepadanya untk berbuat kebajikan, menambah amal kebaikan, senantiasa beramal kebajikan dan memberikan suri tauladan yg baik kpd orang lain. Wallahu a’lam.

(al Minhaj syarh Shahih Muslim 18/126)

[Aafaatul Lisaan, syaikh Sa’id ibn ‘Ali ibn Wahf al Qahthani hafizhahullah, dinukil dari komentar al-akh Abu Yahya Ibnul Bardi di status facebook ana, Jazaahumullåh khåyrån]

Iklan

Tinggalkan komentar

Filed under Aqidah, Tauhid Uluhiyyah, Tazkiyatun Nufus

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s