Berkaca dengan ucapan cinta

Apakah kecintaanmu terhadapnya hanya karena ia suka memberikanmu pujian, dan kebaikan-kebaikan lainnya? apakah kecintaanmu itu berkurang ketika ia menegurmu ketika engkau salah? maka jika itu yang engkau rasakan, maka ini berarti engkau hanya mencintai kebaikannya. maka, tidak pantas engkau mengatakan “cinta karena Allåh” padahal itu adalah “karena hawa nafsu”-mu!


Ketahuilah orang yang mencintai karena Allåh itu adalah orang yang mencintai seseorang yang dapat mengingatkanNya kepada Allåh.

Ia mencintai orang yang menasehatinya karena hal tersebut dapat menjadikan amalannya bertambah, akhlaknya menjadi baik dll. maka dengannya akan bertambah derajatnya disisi Allåh.

Ia juga mencintai orang-orang yang menegurnya, dengan teguran apapun itu; baik lembut ataupun keras; karena itu dapat memperbaikinya, mengingatkannya dari kesalahan dan untuk mengajaknya ruju’ dan kembali ke jalan Allåh. sehingga dengannya ia bisa menemukan jalanNya.

Seperti itulah orang yang saling mencintai karena Allåh, mereka satu sama lain saling membantu untuk sama-sama berada diatas JalanNya yang lurus. saling menasehati dalam kebenaran dan dengan kesabaran.

Dan hendaknya ini ia terapkan untuk dirinya, keluarganya, orang-orang dibawah tanggung jawabnya, dan orang-orang disekitarnya.

Inginkanlah kebaikan pada orang lain sebagaimana engkau menginginkan kebaikan tersebut ada dalam dirimu. Jika engkau ingin baik, maka engkau harus mengikuti nasehat yang baik. Jika engkau ingin ruju’, maka engkau harus mengikuti teguran (baik itu keras maupun lembut) dari orang yang ingin meluruskanmu.

Pahamilah ini. Jauhkan hawa nafsumu.

Marilah kia sama-sama menanamkan ini dalam diri kita agar kita tidak sembarangan mengumbar ‘cinta’ dimana-mana tapi dalam aplikasinya berbanding terbalik dengan apa yang ada dalam diri kita.

Semoga bermanfa’at

Tinggalkan komentar

Filed under Catatan kecilku

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s