Yang perlu kita tanamkan ketika hendak berdoa

Ketika hendak berdoa, hendaknya kita benar-benar menanamkan dalam diri kita, bahwa tidak ada seruan melainkan hanya seruan kepadaNya. dan hendaknya kita ketahui, jika kita menyeru kepada selainNya, niscaya apa-apa yang kita seru itu tidak akan dapat memberi manfa’at kepada kita, tidak juga memudharatkan kita.

dan ini dijelaskan DALAM BANYAK firmanNya. tidak cukup tempat ini untuk membawakannya satu-satu. salahsatunya yaitu firmanNya:

وَالَّذِينَ تَدْعُونَ مِنْ دُونِهِ لَا يَسْتَطِيعُونَ نَصْرَكُمْ وَلَا أَنْفُسَهُمْ يَنْصُرُونَ

Dan berhala-berhala yang kamu seru selain Allah tidaklah sanggup menolongmu, bahkan (yang kamu seru itu) tidak dapat menolong dirinya sendiri.

(al-a’raaf: 197)

ketika engkau berdoa:

Jika engkau meminta pertolongan, maka ingatlah bahwa tidak ada lagi yang dapat engkau pinta kecuali hanya Dia. tidak ada lagi yang dapat membantumu melainkan hanya Dia.

Jika engkau memohonkan ampunan, maka ingatlah engkau sedang berdoa kepada Yang Maha Mendengar doa-doa hambaNya, Yang Maha Pengampun, Yang Maha Penerima Taubat, Yang Maha Menyayangi hamba-hambaNYa.

Jika engkau mengiginkan rezeki, maka ingatlah engkau tidak ada yang dapat meluaskan dan menyempitkan rezekimu kecuali hanya Dia.

Bahkan jika engkau meninginkan segalanya, maka ingatlah Ia Maha Kaya, dan rezeki yang ada diSisiNya tidak ada putus-putusnya. maka mintalah hanya kepadanya saja.

dan lain-lain..

Sungguh aneh bin ajaib, orang yang mengetahui hal ini tapi menyeru kepada selainNya, apa yang dapat ia harapkan dengan seruan kepada selainNya? dan sungguh jika ia tidak mengetahui ini, maka ia sungguh tidak mengenal Rabbnya.

Maka berdoalah kepadaNya dan ikhlashkan doamu hanya semata-mata kepadaNya dengan tidak mengadakan sekutu bagiNya. Cukuplah Allah bagimu.

Dan orang yang sudah mengenal hal ini,

– tentunya ia TIDAK AKAN TERBURU-BURU dalam doanya. karena ia tahu Ia Maha Mendengar doa-doa hambaNya.

– tentunya ia TIDAK AKAN CAPEK-CAPEKNYA berdoa kepadaNya. karena tidak ada sesuatu yang berat bagi Allah atas apa-apa yang diminta hamba-hambaNya.

– dan tentunya ia AKAN BERDOA dengan DOA YANG BANYAK, dia tidak akan bakhil dengan doa, karena ia tahu doa adalah ibadah, dan ia tahu ia tidak akan kecewa jika ia meminta kepada Yang Maha Mendengar Yang Maha Kaya lagi Yang Maha Dermawan.

Maka alangkah ruginya seseorang yang hanya sedikit sekali menyempatkan waktunya untuk berdoa kepada Allah, padahal ini SEMUDAH-MUDAHnya ibadah, dan SEINDAH-INDAHnya ibadah. karena disamping engkau sedang beribadah, engkau pun sedang meminta SELURUH HAJATmu.

Semoga ini dapat kita tanamkan dalam diri kita.

Aamiin.

Tinggalkan komentar

Filed under Catatan kecilku

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s