Alangkah manisnya…

Manisnya ILMU dapat kita rasakan ketika di dalam hati timbul rasa takut-harap-cinta yabg seimbang (sehingga dengannya hati ini peka dan berlinangøah air mata takwa). Manisnya ILMU juga dapat kita rasakan ketika kita MENGAMALKAN ilmu tersebut.


Manisnya amal dapat kita rasakan ketika kita menikmati setiap detik ketika kita mengamalkan amalan tersebut; Ia dapat kita rasakan ketika kita bisa khusyu’ dalam mengamalkan amal tersebut; ketika kita dapat dengan tenang dan damai ketika mengamalkan amalan tersebut.

NB: Tentunya amalan ini harus ditimbang dengan syari’at dan harus sesuai dengannya. jika amalan tersebut tidak sesuai syari’at tapi kita mendapati hl2 diatas; ketahuilah itu datangnya dari Iblis, sebagaimana ia menipu para pengikut yoga.

Manisnya dakwah akan kita rasakan ketika dengannya kita hanya berharap kepada Allåh dan hanya mengharapkan upahNya; sehingga kita bahagia ketika dakwah kita diikuti; bukan karena ia mengikuti kita; tapi karena ia mengikuti kebenaran; dan karena kita mendapatkan hadiah yang melebihi hadiah terbaik dari segala hadiah. Kita pun tidak merasa berat hati ketika ditolak, dihujat dan diusir; dengan menikmati kesabaran ketika mnghadapinya dan dengan mengharap pahala yang besar atas balasan kesabaran tersebut.

Manisnya kesabaran dapat kita rasakan; ketika kesabaran kita Allåh balas dengan kelapangan hati; atau/dan Allåh balas dengan diperkenankannya apa yg kita harapkan. Manisnya kesabaran itupun akan kita peroleh di hari akhir kelak; jika kita mampu bersabar (diatas ketaatan; bersabar menjauhi maksiat; dan besabar ketika ditimpa musibah) dan tetap bersabar mengharapkan wajahNya, sehingga kita bertemu denganNya dengan segala dosa kita dihapuskanNya akibat kesabaran-kesabaran kita selama di dunia.

Allåhu akbar

Itulah manisnya ilmu, amal, dakwah dan sabar yang patut kita berusaha untuk kita dapati dan patut untuk kita pertahankan ketika kita menggenggamnya.

Wallåhu a’lamu bish shåwwab

Tinggalkan komentar

Filed under Catatan kecilku

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s