Apa masalahmu dengan istilah manhaj salaf, salafiy, salafiyyun?!

Apa masalahmu dengan istilah manhaj salaf, salafiy, atau salafiyyun?!

Engkau memakai ahlus-sunnah wal jama’ah, tapi mengatakan salafiyyun tidak sama atau bahkan sampai mengatakan bertentangan dengan ahlus-sunnah wal jama’ah. Ini adalah perkataan yang sangat lucu; Salafiyyun [orang-orang yang mengikuti pemahaman para salaf (para shahabat dan yang mengikutinya dengan baik)] adalah ahlus-sunnah wal jama’ah [orang-orang yang berdiri diatas sunnah dan diatas al-Jama’ah]

Sudahkah engkau tahu definisi al-Jama’ah?

Salah satu definisi al-Jama’ah; Para shahabat ridwanullåh ‘alayhim jamiy’an.

Maka ahlus-sunnah wal jama’ah adalah orang-orang yang berdiri diatas sunnah Råsulullåh dan sunnah para shåhabat (yakni pemahaman para shahabat dalam memahami al-qur’an dan as-sunnah). Itulah penafsiran para ‘ulama akan makna ahlus-sunnah wal jama’ah. Lantas apa bedanya dengan salafiyyun?

Demikiannya dengan manhaj salaf.

Manhaj salaf mengembalikan pemahaman kepada pemahaman tiga generasi pertama; dari kalangan para shahabat, tabi’in dan tabi’ut tabi’in. dan ISTILAH ini disepakati para ULAMA, tidak ada satupun yang mengingkari istilah ini kecuali golongan AHLUL BID’AH dari RAFIDHAH (SYI’AH), THARIQAT SHUFIYYAH dan HARAKIYYUN. tiga golongan inilah yang sangat besar permusuhannya kepada ahlus-sunnah.

Jika ada yang mengatakan apakah kebenaran itu hanya diambil dari manhaj salaf atau salafiyyun?

Benar, kebenaran hanya diambil dari manhaj salaf, karena KEBENARAN itu berada diatas AL-QUR’AN, AS-SUNNAH YANG SHAHIYH SESUAI PEMAHAMAN SALAFUSH SHALIH, dan inilah pengertian manhaj salaf. Maka bedakanlah MENCARI KEBENARAN dan MENERIMA KEBENARAN.

Kebenaran DITERIMA dari SIAPA SAJA. tapi KEBENARAN HANYA DICARI pada orang-orang yang benar.

Demikianlah cara kita bedakan metode MENERIMA kebenaran dan MENCARI kebenaran.

Orang-orang yang berada diatas kebenaran adalah yang mengembalikan seluruh perkara agamanya pada al-qur’an, as-sunnah yang shahiyh sesuai pemahaman salafush shalih. MEREKALAH YANG DISEBUT SALAFIYYUN. Mereka tidak bersatu diatas ikatan kelompok/organisasi/partai. TAPI mereka bersatu diatas MANHAJ. Tubuh mereka mungkin tidak bersatu, tapi ALLAH yang MENYATUKAN hati-hati mereka.

Berbeda dengan AHLUL BID’AH wal FURQAH, tubuh-tubuh mereka BERKUMPUL, tapi hati-hati mereka tidak bersatu, bahkan mereka BERPECAH BELAH.

Inilah yang membedakan orang yang berdiri diatas manhaj salaf, dan orang yang berdiri diatas manhaj BID’AH. Seperti kata para salafush shalih disebut al-Jama’ah itu adalah ketika engkau berada diatas al-haq, WALAUPUN ENGKAU SENDIRI.

Semoga dapat dimengerti dan dapat dipahami dengan baik dan dapat diambil pelajaran

aamiin.

Iklan

Tinggalkan komentar

Filed under Catatan kecilku

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s