Proses dalam berdakwah..

Engkau hanya bisa menjelaskan kebenaran dengan HUJJAH yang terang dan jelas. Tapi Allåh-lah Yang Memberi petunjuk kepada siapa yg Ia kehendaki dan Yang Menyesatkan siapa yang Ia kehendaki. Setelah usaha dengan hujjah, maka bantulah dengan usaha yang lain; yakni: doa! dan janganlah bosan dengan keduanya!


Usaha penegakkan hujjah hendaknya dilakukan sebaik mungkin sehingga mad’u (objek dakwah) bisa paham tentang kebenaran, ini usaha pertama. Tentunya ketika ia paham (ia paham akan kebenaran, dan ia paham akan kesalahannya); ini pertanda hujjah telah tegak padanya. Bagi orang yang sangat peduli kepada saudaranya, tentu ia akan sangat menginginkan saudaranya merujuk kepada kebenaran. Dan dalam hal ini HATI-lah yang berperan, apakah setelah ia paham ia mengikuti kebenaran, ataukah ia meninggalkanya dan memilih hawa nafsunya? Disinilah ketidak kuasaan kita kepada saudara kita. kekuasaan terhadap hati bukan area kita. namun janganlah berputus asa karena disana masih ada usaha lain, senjata yang ampuh; yakni doa.

Berdoalah kpd Allåh dan mintalah kepadaNya agar Ia membuka hati saudaramu dab membimbingnya diatas al-haq. tapi janganlah engkau berlebihan dalam hal ini. Tetaplah engkau tawakkal dan selalu ridha dgn keputusanNya. Teruslah menyampaikan dan berdoa; jangan putus asa; sebagaimana dirimu berusaha untuk tidak putus asa dalam mencari dan meminta petunjuk kepadaNya.

Ingatlah hal ini untuk menghibur hatimu ketika dakwahmu ditanggapi dgn tanggapan yang melukai hatimu. Sabarlah dan ikhlashlah. Sesungguhnya kesudahan yang baik atas orang yang bertaqwa yang senantiasa bersabar.. Semoga kita termasuk didalamnya aamiin

Tinggalkan komentar

Filed under Catatan kecilku

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s