Jangan terlalu sempit dalam memahami ‘dakwah’

Banyak yang memahami bahwa dakwah itu hanyalah menyampaikan ilmu. Apakah ia menyangka orang yang mengajak untuk saudaranya untuk menghadiri kajian, orang yang menghadiahkan kitab yang bermanfa’at tidak termasuk sedang berdakwah? Sungguh ia telah ditipu syaithan, sehingga dengan pemahaman ‘dakwah’ hanya sebatas itu, ia pun tergesa-gesa dalam menyampaikan ilmu; sehingga ia menyampaikan dengan kebodohan dan keragu-raguan. ia SESAT dan MENYESATKAN.


Bacalah tafsir surat yaasiin! Lihatlah bagaimana Allåh memasukkan ashabul yaasin ke dalam surga karena ia berdakwah. APAKAH IA BERDAKWAH DENGAN MENYAMPAIKAN ILMU? TIDAK. ia hanya mengajak kaumnya agar mengikuti rasul yang diutus pada kaumnya tersebut, sehingga ia dibunuh kaumnya, ia pun mati dan Allåh masukkan ke dalam surga.

Ingatlah, jika ilmu kita sedikit, maka usaha yang kita lakukan pun jangan sampai melebihi ilmu kita. Allåh hanya tidak membebani hambaNya melebihi kemampuan hambaNya. maka janganlah memberat-beratkan diri. Dan dengan melakukan hal ini pula (terburu-buru dalam menyampaikan, yakni menyampaikan tanpa ilmu dan tanpa kemantapan), maka kita telah membuka PINTU-PINTU kesesatan tanpa kita sadari.

Allåhul musta’an.

Tinggalkan komentar

Filed under dakwah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s