Muqallid yang jelek!

Alangkah jeleknya para muqallid, yang mereka hanya mengikuti pendapat syaikh (yang kedua syaikh tersebut berada diatas aqidah dan manhaj yang haq), tapi cara bersikap mereka dalam permasalahan ini, tidaklah mencontohi sikap syaikh yang mereka ikuti, melainkan dengan bersikap dengan sikap mereka sendiri… Mereka jahil muraqqab (bodoh diatas kebodohan, bodoh kuadrat)!


Dengarlah hujjah syaikhmu, ikuti ia (berdasarkan hujjah) kemudian contohlah sikap syaikhmu dalam menyikapi perbedaan dengan yang menyelisihinya..

Jika kedua syaikh yang berselisih tidaklah saling mengeluarkan dari ahlus-sunnah, tidaklah saling membuang muka, tidaklah memboikot sana-sini… Maka ada apa denganmu wahai muqallid, yang hanya mengikuti pendapatnya, tidak mengikuti sikap mulia mereka ini?!

Maka dengarlah dan lihatlah hujjah para ‘ulama, bukan mendengar apa kata muqallid yang mengikutinya. lihatlah juga sikap para ‘ulama tersebut, bukan melihat sikap dari muqallid. ‘Ilmu jika ditimba bukan pada ahlinya, maka jadinya akan seperti ini…

Semoga Allåh menjauhkan kita dari kebodohan. aamin

Tinggalkan komentar

Filed under Catatan kecilku

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s