Kenikmatan yang tiada taranya!

Teruslah kita merasa hina didepanNya walaupun kita sudah bertaubat kepadaNya! (apakah kita bisa memastikan taubat tersebut TELAH TERTERIMA?!) Maka ketika berdoa kepadanya, bawalah seluruh kehinaanmu dan kesalahanmu tersebut dihadapanNya! inilah langkah awwal kita agar bisa khusyu dalam segala peribadatan kita!

Ketika engkau bisa mendatangkannya,

Maka takutlah akan adzabNya yang sangat pedih, yang tidak ada pelindung bagimu di hari akhir kelak melainkakn Dia! dan mengharaplah kepadaNya dengan pengharapan yang sangat karena tidak ada yang sanggup memberi harapan padamu di hari akhir kelak, melainkan Dia!”Sebenarnya orang yang dikatakan dipenjara adalah orang yang hatinya tertutup dari mengenal Allah ‘azza wa jalla. Sedangkan orang yang ditawan adalah orang yang masih terus menuruti (menawan) hawa nafsunya (pada kesesatan). ”

Sempurnanya rasa takut dan harap dalam hati akan menimbulkan kenikmatan iman yang luar biasa!! Mungkin inilah yang dikatakan Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah Rahimahullah:

“Apa yang dilakukan oleh musuh-musuhku terhadapku? Sesungguhnya keindahan surga dan tamannya ada di hatiku.”

“Sebenarnya orang yang dikatakan dipenjara adalah orang yang hatinya tertutup dari mengenal Allah ‘azza wa jalla. Sedangkan orang yang ditawan adalah orang yang masih terus menuruti (menawan) hawa nafsunya (pada kesesatan). ”

“Seandainya benteng ini dipenuhi dengan emas, tidak ada yang bisa menandingi kenikmatanku berada di sini.”

“Seandainya para raja dan pangeran itu mengetahui kenikmatan yang ada di hati kami ini, tentu mereka akan menyiksa kami dengan pedang (agar mereka dapat merebutnya dari hati kami -abu zuhriy)”

Ibnul Qayyim menjelaskan bahwa surga dunia adalah mengenal Allah, senantiasa mengingat-Nya, merasa tenang dan thuma’ninah ketika bermunajat pada-Nya, mencintai Allah dan menjadikan kecintaan hakiki hanya untuk-Nya, memiliki rasa takut dan dibarengi rasa harap kepada-Nya, senantiasa bertawakkal pada-Nya dan menyerahkan segala urusan hanya pada-Nya.

Inilah surga dunia yang dirindukan oleh para pecinta surga akhirat.

Allåhu akbar.. Semoga Allåh menjadikan hati-hati kita, hati-hati yang khusyu’..

Dan ketahuilah orang yang merasa telah diampuni, merasa tidak pernah berbuat dosa, merasa telah disucikan TIDAKLAH AKAN PERNAH MENDAPATKAN KEKHUSYU’AN SELAMA-LAMANYA!!!

Maka ketika ia membaca ayat-ayat adzab, yang ia pikirkan adalah oranglain BUKAN DIRINYA.

Ketika ia membaca ayat-ayat nikmat, yang ia pikirkan adalah DIRINYA, bagaikan ia telah DIPASTIKAN MASUK kedalamnya…. See More

Ketika ia membaca sifat-sifat baik, yang ia pikirkan ITULAH DIRINYA

Ketika ia membaca sifat-sifat buruk, yang ia pikirkan BUKAN DIRINYA, tapi menunjuk orang lain.

SAMPAI KAPANPUN, orang seperti ini, tidak akan memberi manfa’at kepada dirinya sendiri.. ia TERTINGGAL dalam KEBODOHANNYA..

Bagaimana ia akan memperbaiki sifat-sifatnya jika ia merasa sempurna?! ketahuilah para shahabat yang sifat-sifat sempurnanya telah Allåh sebutkan di kitabNya, tetap merasa HINA didepanNya, kenapa engkau tidak!?

Bagaimana ia akan merasa takut dengan adzabNya jika seluruh ayat-ayatNya ia tujukan pada orang lain BUKAN UNTUK DIRINYA? ketahuilah, para shahabat saja yang sudah dijamin diampunkan dosanya dan dimasukkan ke surga, tetaplah merengek2 kepada Allåh untuk menjauhkan hal tersebut pada mereka!!

Bagaimana ia akan mengharapkan dengan pengharapan yang sangat jika seluruh ayat-ayatNya tentang surga ia anggap BAGAIKAN IA TELAH MENDAPATKANNYA! ketahuilah, para shahabat saja yang sudah dijamin surga tetaplah merengek2 kepada Allåh untuk memintanya! lantas engkau merasa telah mendapatkan surgaNya?!

Mungkin ini disebabkan hatinya tidak melihat apa yang ada pada dirinya KARENA SIBUK DENGAN ORANG LAIN. hingga jadilah ia orang hina, dan tidak pernah mengambil pelajaran-pelajaran.

Semoga kita dijadikan Allåh ORANG-ORANG BERAKAL, orang-orang yang mengambil setiap pelajaran untuk DIRI KITA, bukan untuk MENUNJUK ORANG LAIN dan tersibukkan dengannya. aamiin

Allåhul musta’aan.

Tinggalkan komentar

Filed under Tazkiyatun Nufus

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s