Jangan berfatwa dengan kebodohan dan keragu-raguanmu!

Berapa banyak orang LUPA DIRI, ketika dirinya ditanya tentang masalah agama!! DIA TIDAK MEMILIKI ILMU namun berani-beraninya menjawab pertanyaan DENGAN KEBODOHAN, atau DENGAN KERAGU-RAGUAN. ketahuilah ya akhi, permasalahannya bukanlah dirimu menjawab pertanyaan dan MEMUASKAN penanya. tapi permasalahannya APAKAH DIRIMU BISA SELAMAT DARI BERBICARA TANPA ILMU?!


Engkau kira dengan memberikan COPAS-an TELAH MENYELAMATKAN DIRIMU DARI BERBICARA TANPA ILMU!?

Padahal engkau sendiri belum memiliki ILMU YANG CUKUP terhadap COPAS-an tersebut!?

Padahal ENGKAU SENDIRI belum paham terhadap COPAS-an tersebut!? sehingga engkau sendiri TERDIAM ketika ditanya “bagaimana maksud ini-dan-itu” terhadp COPAS-an tersebut?!… See More

Padahal ENGKAU SENDIRI belum memiliki kemantapan dengan COPAS-an tersebut?! sehingga engkau bagaikan orang yang KEBINGUNGAN lagi RAGU-RAGU ketika timbul pertanyaan-pertanyaan lain?!

Sungguh syaithan telah menipu banyak manusia dan menjerumuskan mereka sehingga BERBICARA TANPA ILMU dan KERAGU-RAGUAN.

Wahai yang BERTANYA, bertanyalah kepada AHLINYA bukan kepada SELAINNYA! ITU LEBIH SELAMAT BAGIMU dan BAGI ORANG YANG ENGKAU TANYAI (sehingga dia tidak LUPA DIRI, dan BERFATWA TANPA ILMU!)

Berapa banyak orang yang mengaku mengikuti MANHAJ SALAF, tapi tidak bermanhaj salaf ketika ditanyai pertanyaan, ia TAKALLUF (memberat-beratkan dirinya) ketika datang pertanyaan!

Apakah ia TAKUT dikatakan BODOH?
Apakah ia MALU untuk mengatakan AKU TIDAK TAHU?

ATAU APA?!

Padahal PARA SHAHABAT yang LEBIH BERILMU darinya dan LEBIH MULIA darinya, jika ditanyakan suatu perkara DAN MEREKA TIDAK TAHU atau MEREKA TIDAK MENGETAHUI DENGAN KEMANTAPAN, niscaya mereka akan MENGHINDAR dari pertanyaan tersebut atau mereka berkata “AKU TIDAK TAHU”

Jika MALAIKAT, RÅSULULLÅH SHALLALLÅHU ‘ALAIHI WA SALLAM, dan PARA SHAHABAT yang MEREKA SEMUA LEBIH BERILMU, LEBIH MULIA DARIMU, mereka berani berkata AKU TIDAK TAHU ketika mereka ditanyakan sesuatu yang tidak mereka ketahui.

Maka ALANGKAH HINANYA dirimu wahai saudaraku ketika dirimu alangkah mudahnya BERFATWA TANPA ILMU.

Allåhul musta’aan

Cukuplah ke-wara-an seseorang kita lihat dari PERKATAANNYA dan PERBUATANNYA. karena orang yang wara, mereka MENIMBANG-NIMBANG (dengan penuh kehati-hatian dan KEJUJURAN) SEBELUM mereka berkata dan berbuat.

Ana TIDAK MENYEBUTKAN seseorang dalam tulisan ini, DAN TULISAN INI bisa mengena kepada siapa saja, TERMASUK ana.

Semoga perkataan diatas menjadi PERKATAAN YANG MEMBEKAS DIHATI…

Ana sangat kasihan dengan PENANYA yang tersesat akibat menanyakan permaslaahannya PADA BUKAN AHLINYA. dan ana kasihan dengan PENJAWAB yang tersesat dengan kesesatan yang jauh karena tidak berhati-hati menjaga lisan/tulisannya seakan-akan ia tidak memiliki ILMU tentang hal ini (yakni ilmu tentang haramnya berbicara tanpa ilmu). Padahal ia telah mempelajarinya.

Apakah ilmu tersebut telah sampai ke hatinya? Ataukah tidak melewati kerongkonganya!?

Ada yang bertanya:

Afwan Abu, Bagaimana kalau istri,anak,saudara-saudara kita bertanya sesuatu; sedangkan kita tau jawabannya ada dikitab yang kita punya. Lalu kita menyodorkan kitab tersebut agar dibaca atau kita bacakan. Bagaimana menurut anta? ataukah kita diam saja menunggu jadwal taklim agar bertanya langsung kepada ustadz, apakah tidak terkena ancaman menyembunyikan sedikit ilmu yg kita tahu. ana agak bingung,mohon penjelasanya akhi..syukron

Dijawab:

Antum TAHU dan antum PAHAM dengan baik. silahkan berikan kitabnya… karena antum sudah PUNYA BEKAL.

Yang jadi masalah itu ANTUM TIDAK TAHU, dan ANTUM TIDAK PAHAM lalu antum berlagak mencoba membantu.. Padahal yang seharusnya adalah ANTUM MEMBANTU DIRI ANTUM terlebih dahulu sebelum membantu orang lain.

jika tidak tahu, KATAKAN TIDAK TAHU.
jika tahu dan paham dengan baik, MAKA SAMPAIKAN

Semoga bermanfa’at

1 Komentar

Filed under dakwah

One response to “Jangan berfatwa dengan kebodohan dan keragu-raguanmu!

  1. subhanAllah,na’am akhiy,nas-alullah as salamah wal aafiah,jazakallahu khairan wa barakallahu fiik…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s