Kesabaran ‘Ulama

Subhanallåh alangkah bersabarnya para ‘ulama. Engkau kira berapa kali mereka mendapatkan pertanyaan yang sama/serupa? bisa ribuan bisa ratus ribu bahkan bisa jutaan kali.. Namun dengan kesabaran mereka, mereka tetap terus menjawab dengan jawaban yang sama pula, tanpa keletihan terlihat dari raut wajah mereka. Semoga Allåh merahmati mereka semua..

Berapa kali pula mereka diusik dengan pertanyaan-pertanyaan yang TIDAK BERFAEDAH? pertanyaan-pertanyaan MENIPU (dalam artian pertanyaan menjebak/mengetes dsb)? dll.

Walaupun itu terjadi ribuan kali, atau ratusan ribu kali atau jutaan kali.. tidaklah ada putus asa.. dan tetap mereka menjawab dengan kesabaran.. (dan kita tidak menyangkal pastilah ada satu-dua kali mereka tergelincir dengan emosinya).. tapi lihatlah secara umum..

Lihatlah pula bagaimana mereka bisa berinteraksi dengan orang awwam.. dengan ILMU yang sangat dalam dan WAWASAN mereka yang sangat luas.. mereka tetap mampu berkomunikasi dengan orang awwam….. See More

Bandingkanlah dengan kita yang tidak mampu sabar dengan dua atau tiga cobaan kecil..

Bandingkanlah dengan kita yang berlagak berbahasa ilmiyyah padahal baru tahu sedikit istilah-istilah ilmiyyah

Segala sesuatu kalau sudah dilandasi dengan IKHLASH (karena Allåh saja bukan yang lain) dan TULUS (tanpa mengharapkan apa-apa melainkan hanya kebaikan dariNya dan kebaikan bagi orang lain)… Maka akan demikian hasilnya.. dan inilah yang harus kita terus perbaiki dalam diri kita..

Allåhul musta’aan..

Tinggalkan komentar

Filed under Catatan kecilku

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s