Kemanakah engkau melihat Salafiyyun dan Salafiy?

Manhaj salaf itu jalan/cara beragama dalam memahami dan mengamalkan Islam sesuai dengan pemahaman dan pengamalan salafush shalih. maka jika ingin melihat salafiyyun (orang-orang yang mengikuti manhaj salaf) lihatlah para shåhabat ridwanullåh ‘alayhim jamiy’an. dan jika melihat seorang salafiy (pengikut manhaj salaf) lihatlah kepada abu bakar, ‘umar radhiyallåhu ‘anhumaa dll.

Kesalahan kita sekarang ini, melihat seorang salafiy dari orang yang BARU BELAJAR, atau orang yang BELUM MENGENAL MANHAJ SALAF, atau para pendusta yang mengaku-ngaku bermanhaj salaf.

Sehingga jika ada orang BARU BELAJAR yang bagaikan orang yang turun gunung membabat sana-sini dibilangnya “inilah akhlaq salafiy”.

Sehingga jika ada orang BELUM PAHAM MANHAJ SALAF yang menjelaskan manhaj salaf dengan kebodohannya maka dikatakannya “inilah sebenarnya hakikat salafiyyah”

Sehingga jika ada orang yang BERTENTANGAN DENGAN MANHAJ SALAF (baik dalam aqidah, manhaj, akhlaq, muamalah dll.) yang mengaku sebagai salafiy; maka dikatakannya: “beginilah manhaj salaf”

Allåhu akbar.. Semoga kita dijadikan Allåh orang yang CERDAS yang selalu mengikuti kebenaran, dan dijauhkan Allåh dari seseorang yang BODOH/PENGIKUT HAWA NAFSU yang suka mengeneralisir sesuatu untuk mengkaburkan kebenaran dan menjauhkan orang darinya.

Aamiin.

Iklan

Tinggalkan komentar

Filed under Catatan kecilku

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s