Standar orang yang hina…

Seburuk-buruk manusia yaitu manusia yang menetapkan standar terbaik bagi dirinya (contohnya seperti perkataan: “masih mending aku dibanding dia, aku rajin shalat sunnah sedangkan dia tidak.”) dan menetapkan standar terburuk bagi orang lain (contohnya seperti perkataan: “ah masih lebih parah dia, yang maksiatnya lebih banyak dariku…”)

Dengan menetapkan dua standar baathil diatas, maka dia ujub dalam dua hal yang menghinakan;

1. BANGGA DENGAN AMALNYA (yang sedikit, dan belum tentu diterima)

2. MENGANGGAP SUCI DIRINYA karena menganggap maksiatnya tidak seberapa jika dibandingkan orang lain.

Allåhul musta’aan, kecelakaan kemudian kecelakaan atas orang yang memiliki sifat ini; semoga kita dihindarkan dari sifat seperti ini!

Justru untuk orang mukmin, sebaliknya:

1. Ia menganggap amal-amalnya SEDIKIT, ia tidak tahu sudah berapa banyak amal yang TERTOLAK, atau TERHAPUS (karena riya’ atau karena dosa-dosanya)… sehingga dalam urusan akhirat, ia melihat orang yang lebih tinggi darinya untuk memotivasinya agar ia memperbaiki/menyempurnakan serta memperbanyak amal shålihnya.

2. Ia menganggap besar dosanya-dosanya, melihat dirinya PENUH DENGAN DOSA, sehingga merasa terhina dihadapanNya; sehingga ia tawadhu’ dengannya, tidak merendahkan orang lain, tidak merasa diri suci, senantiasa bertaubat..

Maka ia akan berkata pada dirinya:

“Dia lebih muda dariku, diriku telah mendahuluinya dengan banyak dosa, sungguh beruntung dirinya mengisi waktu mudanya dengan amalan shålih, dan diriku tidaklah sepertinya ketika di waktu mudaku.”

“Dia lebih tua dariku, dan dirinya telah lebih dulu dan lebih banyak beramal dariku, sehingga amalnya jauh lebih banyak dariku. dibandingkan diriku yang amalku sangat sedikit dibanding dirinya..”

Tinggalkan komentar

Filed under Catatan kecilku

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s