Perhatikanlah ESENSI dari pembangunan mesjid!

TUJUAN dibangunkan mesjid adalah kaum muslimin bisa memakmurkannya dan beribadah kepada Allah didalamnya, baik itu dzikrullah ataupun shalat. Namun ketika seseorang membangun mesjid hanya untuk BERMEGAH-MEGAHAN, sehingga yang ada, mesjid tersebut TIDAK MENJALANKAN fungsinya yang sebenarnya dengan baik. Wallahul musta’aan

Contoh yang nyata adalah, kita mendapati mesjid yang langsung MENGUNCI mesjidnya setelah jama’ah shalat isya selesai, padahal masih ada yang berdzikir, atau beribadah dengan ibadah lainnya.

Lantas bagaimana jika ada seorang musafir, atau orang yang lewat dijalan, yang belum sempat shalat; mendatanginya namun DALAM KEADAAN TERKUNCI?!

Maka hendaknya orang-orang yang hendak membangun mesjid ini, MEMPERHATIKAN ESENSI PEMBANGUNAN mesjid itu sendiri.. Bukan malah SIBUK dengan tata rias atau kemegahannya, tapi tidak memperhatikan FUNGSI UTAMA mesjid itu sendiri..

Berapa banyak biaya yang habis untuk hal-hal yang TIDAK DIPERLUKAN?

Bukankah semakin banyak barang mewah di mesjid, semakin menjadikan pengurusnya TAKUT dicuri isi mesjidnya?

Bandingkanlah dengan mesjid-mesjid yang ada pada zaman salafush shalih, yang pada saat itu MEREKA MAMPU membangun mesjid dari emas dan perak, TAPI APAKAH MEREKA MELAKUKANNYA? kalaulah hal itu baik, maka tentunya mereka mendahului kita dalam melaksanakannya

Semakin banyaknya mesjid yang bermegah-megahan ini, maka semakin jauh pula mesjid tersebut dengan kaum muslimin, karena ia diberikan “jam buka dan jam tutup”, padahal dahulu salafush shalih pernah menyempatkan shalat malam di mesjid…

Lantas apakah mesjid yang megah itu SELALU TERBUKA untuk kaum muslimin disetiap saat? ketika mereka hendak MEMAKMURKAN rumah dari rumah-rumah Allah?!

Sungguh sangat disayangkan, ketika seseorang mencari kemuliaan dengan perhiasan dunia, malah yang didapatkan adalah kehinaan.. berhiaslah dengan peribadatan yang benar, maka engkau akan mendapatkan kemuliaan, karena tidaklah kemuliaan itu diraih, melainkan hanya dengan ketaqwaan.

Semoga bermanfaat

Tinggalkan komentar

Filed under Adab

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s