Hanya tahu kesimpulan hukum…

Orang yang hanya tahu KESIMPULAN HUKUM (suatu masalah), berbeda dengan orang yang mengetahui permasalahan secara mendetail hingga sampai pada kesimpulannya.

Contoh: penghukuman suatu permasalahan, atau penghukuman derajat hadits…

Orang yang hanya tahu kesimpulan hukum, “wajib”/”sunnah”/”haram”/”makruh”; berbeda dengan mereka yang mengetahui permasalahannya secara mendetail.

Demikian pula, orang yang hanya tahu kesimpulan hukum, “dha’if”/”hasan”/”shahiih”, berbeda dengan yang telah mengetahui sanad hadits dengan jalan-jalannya beserta komentar-komentar ulamaa’ tentang perawi-perawi hadits dijalan-jalan tersebut…

Heran… ada yang cuma tahu “kesimpulan akhir” merendahkan dan menjelek-jelekkan orang yang bersebrangan dengannya; tanpa ia peduli apakah orang yang ia rendahkan itu adalah orang yang sudah mengetahui permasalahan atau tidak?

Dan juga… bagi yang sudah tahu melalui proses yang panjang… jangan pongah dengan apa yang ada pada dirinya, sehingga ia merendahkan orang lain… merasa hanya dialah yang menginginkan kebenaran, sedangkan yang lain tidak… merasa hanya dialah yang paling mengetahui permasalahan, sedangkan yang lain tidak… dengan adanya perasaan tersebut -baik sadar atau tidak- kita telah melakukan dua keburukan sekaligus (1) mentazkiyyah diri kita sendiri, (2) su’uzhan terhadap orang lain!! adakah yang lebih buruk dari ini?!

Ilmu itu harusnya mendatangkan takut (bagi kelompok pertama dan kelompok kedua).. bukannya mendatangkan sombong, angkuh lagi penuh su’uzhann terhadap pihak yang bersebrangan.. kalau masih demikian cara bersikap kita, maka kita baru ada di LEVEL SATU..

Karena para ulamaa’ berkata, belajar itu ada tiga tingkatan:

– tingkatan pertama, sombong;
– tingkatan kedua, tawadhu’;
– tingkatan ketiga, ia tahu bahwa dirinya tidak tahu apa-apa…

Semoga Allah menganugerahkan kepada kita ilmu yang bermanfaat, dan kita berlindung kepadaNya dari ilmu yang tidak bermanfaat. aamiin

Tinggalkan komentar

Filed under Catatan kecilku

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s