HOAX

Gambar.. Atau BAHKAN VIDEO.. Bisa menipu.. Maka hendaknya jangan sampai kita sikapi seperti “wahyu” yang turun dari langit… Apalagi hanya sebatas ‘artikel’ tanpa menyertakan bukti-bukti!?

Maka sebagaimana informasi lainnya… patut kita cek dan ricek dulu, sebelum kita telan mentah-mentah apalagi sampai ikut-ikutan menyebarkan…

Ingat masih ada beberapa kemungkinan:

– (kemungkinan pertama) bisa jadi gambar/video tersebut palsu…

– (kemungkinan kedua) bisa jadi gambar/video tersebut benar (nyata), tapi TIDAK SEPERTI seperti event yang dikhabarkan…

– (kemungkinan ketiga) bisa jadi gambar/video tersebut benar, dan sesuai event yang disebutkan…

Paling tidak kita hanya memiliki 1 dari 3 kemungkinan… atau 30% benar… Apakah khabar yang memiliki kemungkinan 30% benar pantas untuk langsung di telan mentah-mentah? apalagi langsung disebarkan?!!

Ingatlah tidak setiap apa yang kita lihat/dengar langsung kita telan mentah-mentah… Apalagi serta-merta turut menyebarkannya kepada yang lain… kecuali tujuannya untuk menanyakan/membahasnya…

Maka jangan sampai HANYA KARENA MODAL SEMANGAT… Karena ke-luar-biasa-an informasi… Dan ketakjuban kita terhadap informasi tersebut… Terlebih lagi disandarkan kepada Islaam… Maka tentu sebagian dari kita akan bertambah lagi semangatnya untuk menyebarkannya!

Sekali lagi ingatlah! Apabila berita tersebut DUSTA, maka kita termasuk orang-orang yang menyebarkan kabar DUSTA yang kemudian menyandarkannya kepada Islaam!

Dan tidak sedikit kita dapati orang kaafir itu berkata: “Lihat islaam… saking putus asanya menyebarkan informasi tentang agamanya… Bahkan informasi yang hoax/dusta pun turut disebarkan”; Dan perkataan diatas pun dikatakan mereka akibat ulah oknum-oknum kaum muslimin yang terburu-buru menyebarkan berita, bahkan tidak malu menyandarkan berita tersebut kepada Islaam, tanpa memeriksa kebenaran berita tersebut!

Maka semoga kita lebih berhati-hati dalam menerima berita, apalagi sampai ikut menyebarkan sesuatu yang belum dipastikan kebenarannya… Apalagi sampai menyandarkannya atas nama agama yang mulia ini… Na’uudzubillaah…

Silahkan dirujuk lagi: http://abuzuhriy.com/telitilah-terhadap-berita-yang-sampai-padamu/

Tinggalkan komentar

Filed under Adab

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s