Doa awal dan akhir tahun

1. Sebelum mengamalkannya, jawablah pertanyaan berikut : “Apakah Rasuulullaah dan para shahabatnya mengamalkan demikian?” Maka mohon datangkan hujjah dari hadits shahiih, tentang hal ini. Sekiranya hal ini baik, tentunya rasuulullaah dan para shahabat telah mendahului kita untuk mengamalkannya.

2. Kenapa “doa awal/akhir tahun” saja? Adakah doa awal/akhir bulan? Adakah doa awal/akhir hari? Mengapa hanya awal/akhir tahun saja? Apa alasannya?

Sebelum repot-repot buat-buat alasannya… coba tanyakan pada diri kita ;

– Apakah kita merasa lebih tahu kebaikan daripada rasuulullaah dan para shahabat? kita merasa kita tahu, sedangkan mereka tidak tahu tentangnya? Jangankan awal/akhir tahun; seandainya hal ini baik,,, niscaya mereka akan mencontohkan kepada kita doa awal/akhir hari, awal/akhir bulan… Akan tetapi tidak diriwayatkan dari mereka akan hal ini…

– Kita mengamalkan, sedangkan mereka tidak mengamalkannya?! (padahal mereka mampu mengamalkannya, dan tiada yang menghalangi mereka) ?!! Apakah kita merasa bisa lebih dulu berbuat baik dari mereka? apa kita merasa lebih bertaqwa dari mereka?

Sungguh Rasuulullaah bersabda:

وَاللَّهِ إِنِّي لَأَعْلَمُكُمْ بِاللَّهِ عَزَّ وَجَلَّ وَأَتْقَاكُمْ لَهُ قَلْبًا

“Demi Allah, sesungguhnya aku adalah orang yang paling tahu terhadap Allah dan paling bertakwa di antara kalian.”

Dalam riwayat lain:

أبالله تعلموني أيها الناس ؟ قد علمتم أني أتقاكم لله وأصدقكم وأبركم افعلوا ما آمركم

Demi Allah! bukankah kalian mengenalku wahai manusia!? Kalian telah mengetahui bahwa aku paling bertaqwa kepada Allaah diantara kalian, paling jujur dan paling baik… maka kerjakanlah apa yang aku perintahkan kepada kalian!

(HR. Bukhariy dan Muslim; dinukil dari Hajjatun Nabiy karya Syaikh al Albaaniy rahimahullaah)

Jadi… JANGAN MERASA lebih tahu tentang kebaikan, daripada Nabi!

JANGAN MERASA lebih bertaqwa daripada Nabi!

Akan tetapi, KERJAKAN SAJA apa yang beliau tuntunkan dan perintahkan, JANGAN MENGADA-ADAKAN sesuatu yang tidak diperintahkan beliau, tidak pula dituntunkan!

Maka tidak salah Khalifatur Rasyid ‘Ali radhiyallahu ‘anhu berkata:

إِذَا حُدِّثْتُمْ عَنْ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حَدِيثًا فَظُنُّوا بِهِ الَّذِي هُوَ أَهْيَا وَالَّذِي هُوَ أَهْدَى وَالَّذِي هُوَ أَتْقَى

“Jika disampaikan hadits kepada kalian dari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam, maka anggaplah bahwa beliau orang yang paling menggembirakan dan yang paling mendapat petunjuk serta yang paling bertakwa.”

(Atsar Riwayat Ahmad)

Agar kalian MERASA CUKUP dengan tuntunan dan perintah beliau… (sehingga kalian hanya menyibukkan dengan apa yang beliau perintahkan dan tuntunkan; dan tidak mendahului beliau dari mengamalkan sesuatu yang TIDAK BELIAU PERINTAHKAN dan TIDAK PULA BELIAU TUNTUNKAN!)

Agar kalian HANYA MENJADIKAN BELIAU satu-satunya panutan dalam agama… (Sehingga kalian hanya menjadikan rujukan agama kalian berdasarkan perintah dan tuntunan beliau, bukan malah mencontoh tradisi, adat-setempat, ikut-ikutan [tanpa tahu apakah berasal dari perintah dan tuntunan beliau atau tidak?] atau bahkan sengaja mengada-adakan sendiri; apa yang tidak beliau perintahkan dan apa yang tidak beliau tuntunkan… ini semua adalah bentuk keberpalingan dari menjadikan beliau sebagai satu-satunya uswah hasanah!)

Maka sungguh benar pula apa yang dikatakan ibnu mas’uud radhiyallaahu ‘anhumaa :

اتَّبِعُوا، وَلا تَبْتَدِعُوا فَقَدْ كُفِيتُمْ، كُلُّ بِدْعَةٍ ضَلالَةٌ

“Ikutilah (petunjuk Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, pen), janganlah membuat bid’ah. Karena (sunnah) itu sudah cukup bagi kalian. Semua bid’ah adalah sesat.”

(Diriwayatkan oleh Ath Thobroniy)

Sebagaimana perkataan Ibnu ‘Umar:

كُلُّ بِدْعَةٍ ضَلاَلَةٌ ، وَإِنْ رَآهَا النَّاسُ حَسَنَةً

“Setiap bid’ah adalah sesat, walaupun manusia menganggapnya baik.”

(Trdpt dlm Al Ibanah Al Kubro li Ibni Baththoh)

Semoga bermanfaat

Tinggalkan komentar

Filed under Al-Bid'ah, Manhaj

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s