Tiba Tiba Peduli

Alangkah mengherankan:

=> seorang yang DIKENAL TIDAK MEMPEDULIKAN sanad periwayatan.

=> seorang yang DIKENAL BANYAK MENGAMALKAN hadits-hadits yang kualitas sanadnya dihukumi oleh ahli hadits SANGAT LEMAH, atau PALSU atau bahkan TIDAK ADA ASALNYA.

Tiba-tiba mengkritisi sebuah periwayatan.

Maka sebelum kita menjawab kritikannya tersebut… Maka patutlah kita menanyakannya sebuah pertanyaan yang hendaknya pertanyaan ini ia tanyakan pada dirinya (yang hendaknya ia menjawabnya dengan penuh kejujuran hati) :

“SEJAK KAPAN engkau MERASA PEDULI dengan keshahiihan riwayat? Sedangkan dalam amal-amalmu BANYAK yang berlandaskan riwayat yang sangat lemah, bahkan palsu bahkan tidak ada asalnya; yang engkau TIDAK PERNAH PEDULI dengannya!?”

Toh ulama yang digunakannya untuk mengkritik hadits yang dikritiknya itu juga mengkritik amalan-amalan yang biasa dia kerjakan, yang sandarannya sangat lemah, atau palsu atau bahkan tidak ada asalnya!

Maka mengapa dalam hal ini, dia tiba-tiba peduli akan keshahihan sebuah periwayatan; sedangkan dalam dirinya sendiri, dalam amalan yang ia kerjakan, ia tidak pernah mempedulikan periwayatan?

Maka apa timbangannya dalam menerima dan mengkritik hadits?!

TIdak sama seseorang yang kritis karena landasan ilmiyyahnya dan niatnya mencari kebenaran; dengan sesoerang yang tidak peduli dengan landasan ilmiyyah, yang tiba-tiba kritis, yang tujuannya hanyalah membenarkan hawa nafsunya.

Kita tidak menghakimi niat, tapi kita melihat pada realitas yang ada. Dan realitas yang ada menunjukkan engkau adalah seorang yang tidak dikenal kritis dan peduli akan masalah ini; dan sekrang tiba-tiba saja engkau peduli, dan tiba-tiba saja engkau kritis… pada masalah-masalah, yang menyalahi apa yang engkau pegang.

Semoga Allaah menganugerahkan kita niatyang ikhlaash, ilmu yang bermanfaat dan amalan yang diterima. aamiin

Jakarta, 17 Rabii’ul Awwal 1435 H

Tinggalkan komentar

Filed under Catatan kecilku

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s