Seharusnya kita lebih tidak peduli dengan pujian

Sebagaimana kita TIDAK PEDULI dengan celaan/cacian, jika kita meyakini (berdasarkan ilmu) bahwa kita diatas kebenaran.

Maka harusnya kita LEBIH TIDAK PEDULI lagi dengan pujian dan sanjungan, ketika kita berada diatas kebenaran dengan keyakinan (berdasarkan ilmu).

Karena :

1. Kita meniti jalan kebenaran, bukan untuk selamat dari celaan/cacian MANUSIA, juga bukan untuk meriah pujian dan sanjungan mereka.

2. Pujian dan sanjungan itu Seringkali LEBIH BERBAHAYA daripada celaan/cacian. Dimana celaan dan cacian (yg benar adanya) dapat menjadikan kita sadar diri, sedangkan pujian dan sanjungan dapat menjatuhkan kita kepada lupa diri.

3. Cacian dan celaan yg salah alamat, dapat menjadikan kita meraih keutamaan yg ganda; pahala bersabar, dan pahala transfer org yg memfitnah; yg mgkn akan disikapi dengan kesabaran. Sedangkan pujian dan sanjungan yg salah alamat dapat menjatuhkan kita kepada dua perkara buruk: keburukan mendiamkan dan mengiyakan hal tersebut, dan (yg lbh parah) keburukan berbangga dengan pujian dan sanjungan yg salah alamat tersebut

4. Kebanyakan orang mengetahui dan menyadari bahwa celaan dan cacian itu adalah ujian. Tapi sedikit yg mengetahui, lebih sedikit lagi yg menyadari bahwa pujian dan sanjungan itu juga ujian.

(dan lain-lainnya)

Semoga bermanfaat

Tinggalkan komentar

Filed under Catatan kecilku

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s