Keadaan ‘saya’ yang ‘sudah ngaji’ 5 tahun (atau mungkin lebih)

Coba tanyakan kepada ‘saya’: “sudah berapa KITAB yang dikhatamkan melalui majelis ilmu yang dihadiri?” Kalau ‘saya’ jawab: “belum pernah”; harusnya ‘saya’ MALU dong, udah 5 tahun merasa ‘ngaji’, tapi belum pernah mengkhatamkan kitab di majelis ilmu. ‘Umur ngaji’ segitu harusnya udah menghatamkan beberapa matan ringkas.

Tanyakan lagi kepada ‘saya’: Sudahkah mengetahui ilmu-ilmu alat? Kalau ‘saya’ jawab: ‘belum’. harusnya ‘saya’ MALU dong, udah 5 tahun merasa ‘ngaji’, tapi ilmu-ilmu alat sangat minim diketahui. ‘Umur ngaji’ segitu harusnya udah menguasai ilmu-ilmu alat (level beginner) dari bahasa arab, ushul fiqh, maupun musthalah hadits.

Kenapa ‘saya’nya malah tenang-tenang saja, ya? Terlebih lagi tak jarang ‘saya’ dapati ada teman yang ‘baru ngaji’ 3 tahun atau bahkan baru 1 tahun, tapi ilmunya sudah jauh melampaui ‘saya’.

Sudah demikian, ‘saya’ malah sibuk stempel-stempelin orang… Stempelin orang pun bukan melalui penelahaan mendalam… Maklum, karena memang ‘saya’ sendiri ilmunya sangat terbatas sekali… ‘Saya’ mengira berfatwa itu hanya untuk ‘menghukumi permasalahan suatu kondisi’; adapun menstempel orang maka ini saya mengira ini bukan ‘fatwa’, sehingga hal itu bebas ‘saya’ lakukan.

Kasihan sekali kondisi ‘saya’… Ataukah ‘saya’ lupa dengan kondisi ‘saya’ sendiri karena terlalu memperhatikan kondisi orang lain? Moga-moga ada orang baik yang mau mengingatkan ‘saya’ akan buruknya kondisi ‘saya’ ini, sehingga ‘saya’ bisa meluruskan kembali proses ‘menuntut ilmu’ yang ternyata ‘saya’ masih sangat jauh darinya.

Semoga Allaah memberikan hidayah kepada ‘saya’ dan kepada kita semua.. Aamiin

Tinggalkan komentar

Filed under Catatan kecilku, Ilmu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s